BAJU ADAT YOGYAKARTA


Pakaian adat Yogyakarta (Jogjakarta, Jogja) merupakan bagian dari budaya yang ada di negara Indonesia dan harus dilestarikan secara terus menerus bukan hanya oleh warga Jogja, namun juga semua warga Indonesia mempunyai kewajiban akan hal tersebut.
Sebagai kota wisata, Yogyakarta juga memiliki pakaian adat yang menarik untuk Anda ketahui. Mulai dari pakaian untuk pria, wanita sampai anak – anak beserta nama – nama pakaiannya. Semua pakaian adat Yogyakarta yang ada mempunyai keunikan masing – masing, baik dari corak maupun bentuk rupanya. Unsur seni begitu kendal didapatkan pada pakaian tradisional Yogyakarta. Ini yang sebabkan kita harus bangga jadi orang Indonesia.
Inilah Nama – nama Pakaian Adat Yogjakarta
1. Surjan dan Jarik
Pakaian adat Yogyakarta
Merupakan pakaian adat Yogyakarta yang dikenakan pria atau laki – laki dewasa. Surjan adalah baju adat dan Jarik adalah kebawahan berupa kain batik.
Penggunaan Blankon (penutup kepala) juga menjadi keharusan pada saat penggunaan pakaian / baju surjan. Selain blankon, lelaki dewasa Yogyakarta juga menggunakan alas kaki berupa sendal / selop.
2. Pakaian Adat Yogyakarta Untuk Wanita Dewasa
Wanita dewasa di Yogyakarta menggunakan pakaian adat berupa kebaya dengan bawahan kain batik/jarik. Ciri khas lainnya adalah tatanan rambut yang disanggul / konde. Bahan kain yang dipakai untuk pembuatan pakaian adat yogyakarta antara lain berasal dari bahan katun, bahan sutera, kain sunduri, nilon, lurik, atau bahan-bahan estetis. Teknik pembuatannya ada yang ditenun, dirajut, dibatik, dan dicelup. Sementara untuk kebaya sendiri kebanyakan menggunakan bahan beludru, brokat, atau sutera.
3. Pakaian Adat Anak Laki-Laki Yogyakarta
Baju Tradisional Yogyakarta
Baju adat Yogyakarta yang diperuntukkan bagi anak laki-laki dikenal dengan nama kencongan. Kencongan yang dikenakan oleh anak laki-laki ini terdiri dari kain batik yang dikenakan dengan baju surjan, lonthong tritik, ikat pinggang berupa kamus songketan dengan cathok terbuat dari suwasa (emas berkadar rendah). Sementara untuk pakaian keseharian terdiri dari baju surjan, kain batik dengan wiru di tengah, lonthong tritik, kamus songketan, timang, serta mengenakan dhestar sebagai tutup kepala.
4. Pakaian Adat Yogyakarta untuk Anak Wanita
Pakaian wanita adat Jogja
Baju adat untuk anak perempuan di Yogyakarta disebut dengan Sabukwala Padintenan. Baju adat ini berbentuk jarik / kain batik bermotif parang, ceplok, atau gringsing, baju katun, ikat pinggang kamus yang dihiasi dengan hiasan bermotif flora atau fauna, memakai lonthong tritik, serta mengenakan cathok dari perak berbentuk kupu-kupu, burung garuda, atau merak. Ditambahkan pula penggunaan perhiasan dari subang, kalung emas dengan liontin berbentuk mata uang (dinar), gelang berbentuk ular (gligen) atau model sigar penjalin sebagai pelengkap. Bagi yang berambut panjang tatanan rambutnya dibuat model kone atau disanggul.
5. Pakaian untuk Abdi Dalem
Pakaian adat Pria Jogjakarta
Abdi dalem adalah seluruh pegawai atau karyawan keraton, yang umumnya tinggal di sekitar keraton. Pakaian mereka terdiri dari dua macam, yakni Sikep Alit dan Langenarjan.
Baju adat yang disebut dengan Sikep Alit terdiri dari kain batik sawitan, baju hitam dari bahan laken (dengan kancing dari tembaga atau kuningan yang disepuh emas, berjumlah 7 hingga 9 buah), penutup kepala destar, keris model gayaman (diletakan di peinggang sebelah kanan belakang), selop hitam, topi pet hitam dengan pasmen emas. Pakaian model ini dikenakan untuk keperluan sehari-hari.
Sedangkan Langeran merupakan seperangkat pakaian dengan perlengkapan kain batik, baju bukakan yang yang dibuat dari bahan laken warna hitam, kemeja putih dengan kerah model berdiri, destar sama dengan model pakaian Sikepan Alit, keris model ladrangan atau gayman, dipakai di pinggang sebelah belakang kanan, dasi berwarna putih model kupu-kupu, serta selop berwarna hitam. Jenis pakaian ini pada umumnya dikenakan pada waktu malam untuk menghadiri suatu pertemuan dan jamuan makan malam dalam satu pesta khusus.
6. Pakaian Untuk Pejabat Keraton
Baju Ageng Jogja dan penjelasannya
Baju adat yang dikenakan oleh pejabat keraton yang sedang dalam tugas disebut dengan baju ageng.Secara umum pakaian Ageng merupakan seperangkat pakaian adat yang berupa model jas laken berwarna biru tua dengan kerah model berdiri, serta dengan rangkapan sutera berwarna biru tua, yang panjangnya mencapai bokong, lengkap dengan ornamen kancing-kancing bersepuh emas. Celananya sendiri berwarna hitam. Topi yang dikenakan terbuat dari bahan laken berwarna biru tua, dengan model bulat-panjang, dengan tinggi 8 cm.
7. Pakaian Adat Untuk Putri Raja
Pakaian putri tradisional Jogja
Dalam kesehariannya busana yang dikenakan untuk putri yang sudah dewasa dikenal dengan nama Semekanan, yaitu berupa kain penutup dada panjang yang lebarnya separuh dari lebar kain panjang biasa. Busana ini terdiri dari kain (nyamping) batik, baju kebaya katun, semekan tritik, serta perhiasan berupa subang, gelang, dan cincin. Untuk tatanan rambut dibuat berbentuk sanggul tekuk polos tanpa hiasan. Sedangkan busana harian bagi putri raja yang sudah menikah terdiri atas semekan tritik dengan tengahan, baju kebaya katun, kain batik, sanggul tekuk polos tanpa hiasan, serta dilengkapi dengan penggunaan perhiasannya berupa subang, cincin, serta sapu tangan merah.
8. Pakaian Adat Untuk Upacara Ageng
Dalam upacara ageng, pakaian yang dikenakan oleh para putra sultan disebut dengan busana keprabon. Jenis busana ini dibedakan atas busana dodotan, kanigaran, dan kaprajuritan. Busana dodotan biasa digunakan pada upacara garebeg, jumenengan dalem (penobatan raja), serta pisowanan dalam upacara perkawinan. Pakaian ini terdiri dari kuluk biru dengan hiasan mundri (nyamat), kampuh konca setunggal, dana cindhe gubeg, moga renda berwarna kuning, pethat jeruk sak ajar, rante, karset, kamus, timang (kretep), dan keris branggah.
Bingung cari baju unik untuk berbagai keperluan? Ini lah solusi untuk Anda. Kami adalah pusat penyewaan baju terlengkap dan termurah. Memakai baju-baju unik bisa dimanfaatkan untuk banyak hal. Biasanya orang membutuhkan baju-baju unik untuk berbagai acara diantaranya adalah:

    Acara pertunjukan di sekolah
    Acara perpisahan sekolah
    Pawai perlombaan
    Acara sanggar
    Untuk kebutuhan fotografi
    Untuk memenuhi hobi selfie menjadi sosok yang diinginkan
    Acara perlombaan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

               Banyak orang bingung mencari baju-baju unik untuk kegiatan di atas. Membeli bukan solusi yang tepat, karena selain harganya yang cukup mahal, kegunaannya mungkin hanya sekali itu saja, sehingga sangat tidak efisien. Belum lagi mungkin waktu yang mendesak sehingga tidak memungkinkan Anda untuk berkeliling kota mencari pakaian yang dibutuhkan. Kami hadir sebagai solusi yang paling membantu. Sebagai jasa sewa baju, kami memiliki aneka jenis koleksi baju-baju unik yang biasa dibutuhkan banyak orang, mulai anak-anak, remaja hingga dewasa.

        Selain koleksian yang cukup lengkap, harga yang kami tawarkan juga cukup terjangkau sehingga menjadi solusi berhemat untuk Anda dan rekan-rekan. Anda juga bisa melakukan pemesanan sewa secara kolektif untuk kebutuhan di sekolah, sanggar dan sebagainya. Pesan langsung di tempat kami, baju-baju unik yang pastinya dalam kondisi bagus dan bersih. Ya, banyak orang malas memakai baju rental karena alasan kebersihan dan kualitas. Kami memberikan yang berbeda dari yang lainnya. Baju rental di tempat kami adalah baju yang selalu bersih dan terjamin kualitasnya, sehingga akan membuat nyaman Anda yang memakainya.

       Kami siap mengantar ke tempat Anda untuk beberapa kawasan yang terjangkau, sehingga pastinya akan semakin memanjakan kebutuhan Anda. Cek koleksian baju kami sekarang dan silahkan booking untuk kebutuhan dalam jumlah banyak. Kami membantu Anda mendapatkan barang-barang berkualitas dengan harga yang terjangkau. Jangan pusing-pusing lagi untuk acara anak di sekolah, kini kami menjadi solusi pintar untuk Anda dan keluarga.

        Persewaan Kami Menyewakan hingga ribuan baju dan bisa melayani sewa kelompok ataupun satuan dengan ketentuan menyerahkan KTP dan No telpon untuk pendataan serta DP untuk mengindenkan baju yang akan disewa. sebab, banyaknya penyewa yang setiap bulannya bahkan hariannya menyewa sehingga butuh inden baju yang akan disewa. 

         Langganan Sekolah yang pernah bermitra dengan persewaan Kami ada hingga 250-450 sekolah setiap bulannya sehingga butuh penginden dan jaminan untuk memesan baju yang disewa karena banyaknya permintaan yang harus kami penuhi. 

        Namun, jangan khawatir persewaan kami memiliki banyak baju dan pakaian kurang lebih 5000-10.000 baju yang bisa disewakan maka, bagi para customer bisa datang kealamat kami diatas. pelayanaan kami siap memanjakan dan memberikan pelayanan yang terbaik. 

      Semoga yang terbaik buat para penyewa mendapatkan prestasi yang diinginkan dan meraih juara-juara pada event lomba yang diikuti. Harga Persewaan Baju Karnaval kami mulai dari Rp. 30.000, 45.000, 75.000, 100.000 sampai 700.000 tergantung baju dan jenis pakaian yang akan disewa.




Purnama Dewi Menyewakan berbagai model :

  1. BAJU KARNAVAL TK-SD-SMP-SMA-DEWASA
  2. BAJU TARI TRADISIONAL & MODERN TK-SD-SMP-SMA
  3. BAJU TOGA TK-SD-SMP-TPQ
  4. BAJU MANASIK HAJI TK-SD
  5. BAJU ABRI TK-SD-SMP-SMA-DEWASA
  6. BAJU PAHLAWAN TK-SD-SMP-SMA-DEWASA
  7. BAJU PUNOKAWAN ( BAJU WAYANG )
  8. BAJU MUSLIM KARNAVAL / TARI
  9. BAJU PROFESI
  10. BAJU ADAT
  11. BAJU BINATANG
  12. BAJU SAMROH

Price list harga persewaan :

  1. Sewa partai minimal 10 baju (Untuk anak TK Rp. 30.000 Untuk anak SD Rp.40.000)
  2. Sewa Perorangan Selisih Rp. 10.000

Untuk info pemesanan silahkan hubungi contact person dibawah ↓

Contact person 1 : (0812-1240-4413) 
Contact person 2 : (081252997088) 

Jam Kerja :

·         Senin – sabtu  : 08:00 – 16:00 WIB
 :                               18:00 – 21:00 WIB
·         Minggu           : LIBUR         

Lokasi Pusat : Perum Mutiara Residence D2/12 Anggaswangi Sukodono 

Mari Kunjungi outlte danstore kami di alamat yang tertera di atas ↑

Jangan lupa download aplikasi kami 

#persewaan #persewaanbaju #persewaanbajukarnaval #persewaankostum #persewaanbajuadat #persewaanbajutari #persewaanmurah #persewaansidoarjo #persewaansurabaya #persewaan busana #persewaansidoarjomurah #persewaansurabayamurah  #persewaangresik #persewaankostummurah #persewaankostumkarnaval #bajuadat #bajutari #bajuwisuda #bajukartini #bajukeren #bajupolisi #bajulucu #bajuanak #bajudewasa #kostumkarnaval #kostumpahlawan #kostummurahsidoarjo #kostummurahsurabaya #kostumanakkeren #kostumkarnavaldewasa #bajuadatjawa #bajuadatbetawi #bajuadatbali #bajuadatmadura #bajukemerdekaan #bajucouple #surabaya #sidoarjo #gresik #mojokerto #pasuruan #sukodono #sukodonosidoarjo #purnamadewi #galeripurnamadewi #tokopurnamadewi #persewaanmurahkeren #persewaanbajuanak #persewaansekolah #persewaanharikartini #persewaanbajudewasa #persewaanlengkap #persewaanbajusanggar #persewaanlengkapmurah #purnamakostum #persewaankostumkarnaval #persewaan #persewaanbajusenam#persewaanbaju #persewaanbajuadat#persewaanbusana#persewaanadatsby#persewaanseragamsenamsby#senammaumere #persewaan #persewaanbajusenam#persewaanbaju #persewaanbajuadat#persewaanbusana#persewaanadatsby#persewaanseragamsenamsby#senammaumere 




MG & PD

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar